10 Kasiat Dan Manfaat Buah Mengkudu



Hasil gambar untuk buah mengkuduHasil gambar untuk buah mengkudu
Mengkudu (Morinda citrifolia) atau Pace berasal dari daerah Asia Tenggara, tergolong dalam famili Rubiaceae. Nama lain untuk tanaman ini adalah noni (Hawaii)
Mengkudu atau pace memiliki aroma yang tidak enak, namun kandungan senyawa didalamnya sangat berkhasiat mengobati berbagai penyakit. Kemampuan zat aktif nalkaloid proxeronin yang terkandung dalam buah mengkudu sangat bermanfaat untuk menghambat dan mengatasi sel kangker.

Dari sebuah penelitian dapat disimpulkan bahwa mengkudu dapat melancarkan kinerja berbagai kelenjar didalam tubuh, membantu meningkatkan proses penyerapan nutrisi yang dibutuhkan tubuh, mempercepat pertumbuhan sel-sel yang sudah rusak/mati, mampu mengatasi hipertensi, diabetes millitus, kolestrol tinggi, memperlancarkan kinerja ginjal, mengurangi dampak alergi, dan mengatasi perdangan. Hal ini disebabkan kandungan senyawa antijamur dan mikroba serta menyegarkan tubuh dan menambah stamina.

Mengkudu dipercaya dapat mengatasi berbagai penyakit dan berperan sebagai adaptogen yang menyeimbangkan fungsi tubuh sekaligus mengendalikan rasa sakit yang berpusat diotak.

Berikut 10 kasiat buah mengkudu untuk kesehatan :

1. Meningkatkan Daya tahan tubuh.
Buah mengkudu memiliki keseimbangan sempurna dari vitamin, mineral, asam amino, peptida, dan enzim. Nutrisi yang terkandung dalam buah mengkudu sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa buah mengkudu kaya akan antioksidan alami seperti vitamin E dan koenzim Q10 yang diperlukan tubuh.

2. Meredakan sakit dan nyeri.
Buah mengkudu dikenal sebagai obat penghilang rasa sakit dan daunnya bisa digunakan untuk meredakan sakit kepala. Pengobatan Tradisional sering menggunakan daun buah mengkudu sebagai obat alami untuk meredakan nyeri sendi. Mengkudu memiliki kandungan analgesik sebanyak 75% yang efektif sebagai pereda nyeri sendi.

3. Sakit Kuning
Bahan: 2 buah Mengkudu yang telah masak di pohon dan 1 potong gula batu.
Cara Membuat: buah mengkudu diperas untuk diambil airnya, kemudian dicampur dengan madu sampai merata dan disaring. Cara menggunakan : diminum dan diulangi 2 hari sekali.

4. Hipertensi
Bahan: 2 buah Mengkudu yang telah masak di pohon dan 1 sendok makan madu.
Cara Membuat: buah mengkudu diperas untuk diambil airnya, kemudian dicampur dengan madu sampai merata dan disaring. Cara menggunakan: diminum dan diulangi 2 hari sekali.

5. Demam (masuk angin dan infuenza)
Bahan: 1 buah Mengkudu dan 1 rimpang kencur;
Cara Membuat: kedua bahan tersebut direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas, kemudian disaring. Cara menggunakan : diminum 2 kali 1 hari, pagi dan sore.

6. Batuk
Bahan: 1 buah Mengkudu dan ½ genggam daun poo (bujanggut);
Cara Membuat: kedua bahan tersebut direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas, kemudian disaring. Cara menggunakan : diminum 2 kali 1 hari, pagi dan sore.

7. Sakit Perut
Bahan: 2-3 daun Mengkudu
Cara Membuat: ditumbuk halus, ditambah garam dan diseduh air panas. Cara menggunakan: setelah dingin disaring dan diminum.

8. Menghilangkan sisik pada kaki
Bahan: buah Mengkudu yang sudah masak di pohon.
Cara menggunakan: bagian kaki yang bersiisik digosok dengan buah mengkudu tersebut sampai merata, dan dibiarkan selama 5-10 menit, kemudian dibersihkan dengan kain bersih yang dibasahi dengan air hangat.

9. Mengendalikan tekanan darah menjadi lebih stabil.
Makan buah mengkudu dalam bentuk juice atau suplemen sangat dianjurkan, karena kandungan nutrisinya bisa mencegah hipertensi.

10. Mencegah penyakit serangan jantung.
Sari buah mengkudu memiliki sifat anti inflamasi yang telah terbukti mampu mencegah terjadinya peradangan dan mengurangi resiko terkena serangan jantung.


Cara lain pengolahan buah mengkudu sebagai obat penyakit.

- Buah mengkudu muda dibuat jus. ditambah sedikit madu. Ramuan ini diminum 30 menit sebelum sarapan.
Khasiat:
Membersihkan endapan lemak darah sehingga bisa menyembuhkan aterosklerosis, stroke, serta mencegah serangan jantung. Dapat membatasi penyerapan dan pembentukan lemak di tubuh sehingga dapat membantu program diet. Selain itu, dapat menurunkan tekanan darah tinggi, meredakan pikiran tegang, stres, gelisah, dan mengurangi rasa tak nyaman.

- Buah mengkudu matang dihaluskan kemudian dicampur dengan rimpang lempuyang parut dan beberapa sendok makan air masak. Hasil perasannya diminum.
Khasiat:
Mengobati peradangan hati, peradangan ginjal, dan peradangan limpa karena serangan malaria. Lalu, membantu membuang cairan empedu dan kolesterol berlebihan, dan menyembuhkan radang saluran kencing yang kerap disebut anyang-anyangan.

- Buah mengkudu matang dihaluskan, lalu dicampur dengan rimpang lengkuas parut dan beberapa sendok makan air panas. Hasil perasannya lalu diminum, bisa ditambahkan madu atau gula batu.
Khasiat:
Menurunkan demam karena flu dan masuk angin terutama pada anak-anak. Ramuan ini juga mengobati radang tenggorokan dan amandel.


Itulah 10 kasiat dan manfaat buah mengkudu bagi kesehatan dan masih banyak lagi manfaat lain mengkudu yang mungkin belum kita ketahui.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar